Muhammadiyah
Online - Dalam melaksanakan proses pendidikan di sekolah, guru
sering berhadapan dengan masalah perilaku siswa. Perlakuan guru dalam menangani
perilaku siswa juga sering mendapat sorotan. Berdasarkan hal tersebut Dewi
Purnama Sari mahasiswa Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam (PPI)
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), melakukan meneliti
disertasinya dengan berjudul ‘Interaksi Guru-Siswa Dalam Membangun Karakter’.
“Pada penelitian kami ini,
bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana interaksi guru dan siswa dalam
membangun karakter. Untuk mengungkapkan bagaimana interaksi guru dan siswa
dalam membentuk karakter, peneliti melakukan wawancara mendalam dengan guru dan
siswa yang ditetapkan berdasarkan kriteria, yaitu guru dan siswa yang mengalami
fenomena interaksi dalam proses pembentukan karakter,” ujar Dewi saat melakukan
Sidang Terbuka Promosi Doktor Rabu (14/8) di Gedung Pascasarjana Kampus Terpadu
UMY.
Kemudian Dewi juga
mengungkapkan jika interaksi guru dalam mengajarkan nilai-nilai agar siswa
memiliki pengetahuan tentang kebaikan dilakukan melalui nasihat, evaluasi, dan
cerita. Siswa dipanggil secara pribadi, menunggu emosinya tenang, mengajaknya
bicara, menanyakan alasan melakukan dan meminta menilai sendiri perbuatan yang
dilakukannya, menjelaskan bagaimana seharusnya menghadapi masalah, menjelaskan
bagaimana cara bersikap atau bertingkah laku tepat, serta memberikan
pengertian.
“Interaksi guru dalam
membiasakan siswa agar melakukan kebaikan adalah interaksi yang berupaya secara
konsisten dan terus menerus membimbing siswa dengan selalu memantau dan
mengingatkan, menyediakan lingkungan yang memberi peluang untuk berkembang
karakter yang baik, serta memberi penghargaan setiap melakukan kebaikan,”
ungkapnya lagi.
Untuk itu, Dewi berharap
agar penelitiannya tersebut dapat bermanfaat untuk dijadikan bahan informasi
bagi guru dan pihak terkait dalam membangun karakter siswa, serta menjadikan
pertimbangan interaksi guru-siswa sebagai salah satu pendekatan alternatif
pendidikan karakter di sekolah.
Berkat disertasinya
tersebut, Dewi Purnama Sari dinyatakan lulus dan menjadi Doktor ke-80 Program
Doktor PPI UMY Serta menjadi Doktor ke-101 yang diluluskan oleh UMY. (CDL)
Sumber: umy.ac.id